Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Skip to content

Show

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Written by : Said

Dalam memanajemen iklan Google Ads yang banyak, waktu menjadi isu penting.

Tentu Anda tidak ingin menghabiskan waktu dengan mengerjakan tugas-tugas repetitif dalam Google Ads.

Untungnya, Google menyediakan Google Ads Editor yang bisa mempersingkat waktu Anda mengerjakan kampanye iklan. Lebih kerennya lagi, tools ini gratis dan bisa Anda gunakan secara offline.

Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, Anda bisa mendownloadnya disini. Walaupun Anda baru pertama kali, Google Ads Editor sangat mudah digunakan. Apalagi jika Anda sudah pernah beriklan Google Ads.

1. Manfaat Google Ads Editor

  • Membuat Berbagai Perubahan Dengan Mudah

Anda bisa melakukan banyak perubahan di kampanye iklan Anda dengan waktu yang relatif singkat dibanding jika Anda melakukannya secara manual di dashboard Google Ads.

  • Gandakan Dan Pindahkan Data

Pindahkan data di dalam kampanye jadi lebih mudah, dan bisa dilakukan antar akun. Seperti negative keyword, extension, ads, ad group dan lainnya.

  • Expor – Impor Informasi Akun

Anda bisa mengekspor – impor berbagai data dalam akun dan membagikannya kepada tim Anda.

  • Buat Perubahan Akun Google Ads Secara Offline

Anda bisa mengedit perubahan di kampanye Anda secara offline. Lalu ketika online Anda bisa memposting perubahan tersebut..

2. Navigasi Google Ads Editor

Toolbar merupakan menu utama. Beberapa fitur dari toolbar ini seperti menambah atau menghapus akun campaign, mendownload dan mengecek perubahan terbaru dari kampanye Google Ads dan memposting perubahan di dalam akun Anda.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Panel ini berfungsi untuk melihat akun dan campaign yang aktif

Panel ini berisikan data-data yang ada di dalam akun (bisa dilihat di Tree View). Data yang tersedia seperti data campaign, negative keyword, extension dan lainnya.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Panel di tengah yang merupakan panel utama. Isinya berupa pengaturan umum campaign seperti bid, jenis campaign, dan lainnya.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Ini merupakan panel untuk mengedit campaign Anda setelah Anda mengklik campaign Anda.

Jika Anda sudah pernah beriklan Google Ads sebelumnya, panel navigasi ini bukanlah hal asing bagi Anda. Setelah Anda mengetahui panel navigasi di Google Ads Editor, selanjutnya ialah mengetahui fitur penting dari tools ini.

3. 7 Fitur Google Ads Editor Yang Membantu Management Campaign Anda

  • Manajemen Antar Akun Google Ads

Seperti halnya Google Manager, Anda bisa mengatur berbagai campaign Anda dengan tools ini. Kelebihannya dari Google Ads Editor ialah, Anda bisa mengubah dan mengcopy data dari satu akun ke akun lain dengan sangat cepat.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

  • Berbagi Negative Keyword Lists Antar Akun

Anda bisa berbagi negative keyword list antar akun Google Ads.

Pilih salah satu kampanye iklan Anda, lalu temukan menu shared negative keyword list di bagian kiri bawah layar Anda. Klik dua kali menu tersebut lalu Anda akan menemukan kotak seperti dibawah ini.

Setelah itu klik menu “add campaign associations” lalu pilih kampanye yang ingin Anda tambahkan negative keyword lists.

Sayangnya di menu ini Anda hanya bisa berbagi kata kunci negatif tanpa bisa menambahkannya secara manual.

  • Temukan Searchable Errors

Anda bisa menemukan dengan mudah berbagai error di akun dan campaign Anda dengan menggunakan tools ini.

Anda bisa mendapatkan menu ini di bagian kiri bawah panel dengan label “error info”. Jadi, pilih salah satu kampanye iklan Anda, lalu klik “error info”

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

  • Temukan Kata Kunci Yang Sama (Duplicate Keyword)

Anda bisa menemukan kata kunci yang sama di ad grup, campaign dan akun Google Ads anda. Menu ini bisa Anda temukan di bagian main menu “Tools” lalu klik “Find duplicate keyword”

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Setelah itu akan muncul menu dibawah ini

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Silahkan pilih kampanye yang Anda ingin temukan duplicate keyword nya, dan beberapa pengaturan disampingnya. Setelah itu klik tombol biru “Find duplicate keyword”.

  • Atur Pengaturan Kampanye Via Edit Panel

Anda bisa mengubah pengaturan keyword dan targeting campaign Anda.

Pilih salah satu kampanye iklan Anda lalu klik “Keyword and targeting” ada di bagian panel kiri bawah. Ada banyak sub menu dari pengaturan ini. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Setelah Anda memilih satu sub menu, Anda bisa mengaturnya di panel kanan pada Google Ads Editor. Seperti contoh dibawah ialah pengaturan lokasi.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

  • Download Laporan Search Term

Anda bisa mengunduh search term dan menganalisanya. Informasi di search term ini bisa Anda gunakan untuk menambah kata kunci baru atau kata kunci negatif.

Menu ini bisa Anda dapatkan di bagian main menu “Tools” lalu “View search term report”

Setelah Anda klik, Anda bisa memilih kampanye yang ingin Anda lihat search term nya. Lalu klik “ok”.

  • Ubah Berbagai Teks Dalam Iklan (Advanced Text Changes)

Anda bisa mengubah berbagai teks dalam campaign Anda dengan fitur ini. Menu ini bisa Anda dapatkan di main menu “Edit”.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Menu ini antara lain adalah:

  1. Replace – Ganti teks yang Anda inginkan
  2. Append – Tambahkan teks yang sudah ada di awal atau akhir data Anda.
  3. Change Capitalization – Ubah huruf kapital copy iklan headline dan deskripsi Anda. Ini fitur yang sangat berguna mempersingkat waktu Anda – daripada mengubahnya secara manual.
  4. Changes Bids – Ubah bid iklan Anda. Fitur ini seperti yang ada di tampilan dashboard ads.
  5. Change URLs – Ubah alamat website (URL) dari iklan Anda dengan fitur ini.

  • Dapatkan Perubahan Terbaru Kampanye

Perubahan yang Anda lakukan di beberapa kampanye iklan dengan Google Ads Editor bisa saja mengalami error di beberapa kampanye iklan. Untuk itulah fitur ini ada. Jadi, Anda bisa mengetahui perubahan yang terjadi di kampanye Anda.

Dalam fitur ini ada tiga pilihan yaitu : basic, more data, dan schedule download.

Anda bisa melihat dari perubahan sederhana (basic) hingga mendapatkan perubahan data yang lebih lengkap (more data).

Setelah Anda memilih salah satu pilihan yang ada, akan ditampilkan menu pop-up untuk memilih perubahan di level mana yang Anda inginkan.

Setelah itu, tinggal klik “OK” dan ada bisa melihat perubahan terakhir di kampanye iklan Anda.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

  • Dapatkan Statistik Kampanye Iklan

Untuk mengetahui performa kampanye iklan Anda, ada menu “view statistic” yang bisa membantu Anda. Menu ini memberikan informasi yang Anda butuhkan seperti ketika Anda melihat dashboard iklan Google Ads Anda

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Ada banyak pilihan untuk melihat statistik data kampanye iklan Anda. Seperti, performance, visibility, conversions dan banyak pilihan lainnya.

Setelah Anda memilih statistik yang ingin Anda lihat, selanjutnya klik “ok” dan Google Ads Editor akan menampilkan data yang Anda inginkan.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Inilah 7 fitur Google Ads Editor yang akan membantu Anda dalam memanajemen campaign Google Ads Anda. Selamat mencoba Google Ads Editor 🙂

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Written by : Said

5 Jurus Simple Digital Marketing Untuk Bisnis Jasa

Saat ini hampir semua unit bisnis menggunakan digital marketing. Mau tidak mau bisnis Anda pun harus menggunakannya. Pilihannya hanya beradaptasi, atau melihat kompetitor yang duluan memanfaatkannya. Jika tidak segera terjun ke digital marketing, maka siap-siap melihat bisnis kompetitor yang akan merajai pasar. Dan Anda, mungkin saja akan kalah.

Seperti tutupnya gerai ritel besar karena kalah saing dengan online shop.

Mohon maaf jika contohnya terlalu ekstrem. Tapi memang seperti itu adanya. Saat ini digital marketing bukan lagi sebuah pilihan tapi keniscayaan. Tidak ada pilihan lain.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Coba lihat gambar diatas. Ini adalah hasil pencarian beberapa bisnis jasa di Google. Lihat, mereka semua sudah punya website. Bahkan beberapa web berlabel “ad”. Artinya mereka juga menggunakan iklan berbayar Google untuk mempromosikan jasanya.

Jadi, tidak ada alasan lain untuk tidak menggunakan digital marketing.

Betul, kan?

Ada beberapa poin kelebihan digital marketing dibanding cara marketing tradisional seperti:

  • Biaya promosi yang lebih murah dibanding offline marketing.

Anda bisa menjangkau ribuan orang dengan Rp.100.000 via digital marketing. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan dengan cara marketing tradisional seperti sebar brosur atau jadi salesperson dari rumah ke rumah.

  • Teknis pengerjaannya lebih efisien dan praktis.

Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk melatih banyak salesperson, atau menyebar brosur di jalan. Tentu ini akan sangat membuang waktu dan tenaga Anda. Di zaman sekarang ini, cara seperti ini sudah sangat tidak efektif.

  • Sangat mungkin untuk dipelajari.

Iya, digital marketing tidak se-rumit yang dibayangkan. Jika Anda punya waktu dan kemauan belajar yang kuat, Anda bisa mempelajari digital marketing sendiri. Banyak sekali pelatihan digital marketing di luar sana. Tinggal cari yang kredibel lalu ikut belajar bersamanya.

Jika Anda tidak punya waktu untuk belajar digital marketing dari awal, cukup bayar profesional saja seperti kami 😀

Pertama, pahami dulu karakteristik konsumen Anda. Bisa dengan membuat buyer persona agar semakin jelas konsep marketing yang akan Anda garap. Dibawah ini contoh buyer persona:

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Jika Anda merasa kebingungan, di awal tidak perlu membuat se-rinci ini. Buat saja semampunya. Yang penting bisa membayangkan secara umum buyer persona bisnis Anda.

Anda bisa mulai mengajukan beberapa pertanyaan seperti:

  1. Siapa saja yang membutuhkan jasa Anda? Apakah instansi atau perorangan? Jika instansi, instansi seperti apa? Jika perorangan bisa spesifikkan range usia, latar belakang, status sosial dan ciri-ciri lainnya.
  2. Apa kebutuhan mendasar mereka? Apa yang menjadi pertimbangan utama mereka dalam memilih jenis jasa seperti bisnis Anda? Kenyamanan? Kelengkapan? Apapun yang bisa jadi nilai tambah dari bisnis Anda selain lebih murah.
  3. Darimana mereka bisa tahu bisnis Anda? Apakah mereka tahu dari Google Search, Google Map atau sosial media?

Nah gambar di atas adalah template untuk membuat buyer persona Anda. Silahkan digunakan. Yang perlu diingat, gunakan pertanyaan yang bisa jadi referensi dalam mengambil keputusan bagi bisnis Anda.

Kita coba bedah beberapa pertanyaan diatas, relevansinya dengan jurus marketing buat bisnis Anda. Saya copy-paste lagi pertanyaan diatas ya:

  1. Siapa saja yang membutuhkan jasa Anda? Apakah instansi atau perorangan? Jika instansi, instansi seperti apa? Jika perorangan bisa spesifikkan range usia, latar belakang, status sosial dan ciri-ciri lainnya.
  2. Apa kebutuhan mendasar mereka? Apa yang menjadi pertimbangan utama mereka dalam memilih jenis jasa seperti bisnis Anda? Kenyamanan? Kelengkapan? Apapun yang bisa jadi nilai tambah dari bisnis Anda selain lebih murah.
  3. Darimana mereka bisa tahu bisnis Anda? Apakah mereka tahu dari Google Search, Google Map atau sosial media?

Siapa saja yang membutuhkan jasa Anda? Apakah instansi atau perorangan? Jika instansi, instansi seperti apa? Jika perorangan bisa spesifikkan range usia, latar belakang, status sosial dan ciri-ciri lainnya.

Dengan tahu secara spesifik poin nomor 1 Anda bisa meng-custom bahasa marketing untuk pelanggan. Terutama, ini akan sangat berguna saat ingin melakukan SEM (Search Engine Management). Atau yang lebih dikenal dengan Google Ads.

Bahasa disini bukan hanya aku-kamu, lo-gue, kita-mereka tapi lebih daripada itu.

Contoh kasus:

Anda adalah owner jasa reparasi mesin cuci. Anda bisa gunakan bahasa ‘Disukai Pemda Setempat’ atau ‘Langganan BUMD [Sebutkan namanya]’ jika pelanggan adalah sebuah instansi. Tapi jika perorangan, bisa berikan fasilitas jasa reparasi mesin cuci di rumah sendiri tanpa biaya tambahan.

Bahasa yang cocok dan relevan akan membuat iklan Anda dilirik calon pembeli.

Apa kebutuhan mendasar mereka? Apa yang menjadi pertimbangan utama mereka dalam memilih jenis jasa seperti bisnis Anda? Kenyamanan? Kelengkapan? Apapun yang bisa jadi nilai tambah dari bisnis Anda selain lebih murah.

Contoh kasus:

Anda menjual jasa reparasi mesin cuci. Tentunya, di Google ada kompetitor lain yang juga menjual jasa yang sama. Disini, Anda dituntut harus jeli melihat lebih mendalam tentang kebutuhan pelanggan. Pemahaman ini lalu diubah ke dalam manfaat lebih bisnis Anda.

Misal jasa lain tidak punya patokan harga reparasi yang jelas. Sedangkan banyak customer yang butuh akan hal itu. Nah, Anda bisa melakukan transparansi harga agar jasa Anda punya nilai tambah di mata pelanggan.

Tentunya, selain kenyamanan, komunikasi, kepercayaan dan hal sejenis yang sudah sepatutnya ada dalam bisnis jasa. Ini akan benar-benar Anda pahami jika sudah mengenal betul persona pelanggan Anda.

Darimana mereka bisa tahu bisnis Anda? Apakah mereka tahu dari Google Search, Google Map atau sosial media?

Dengan tahu darimana pelanggan datang, Anda bisa mulai eksis disana. Misalnya, jika jasa reparasi mesin cuci banyak mendapat pelanggan via Google Map. Maka buat Google Map. Pancing supaya yang sudah jadi pelanggan memberikan reviewnya. Upload foto-foto bisnis Anda. Dan lengkapi semua kolom informasi yang ada.

Jika bisnis Anda belum terdaftar di Google Map. Silahkan daftar ke Google My Business. Tools ini sangat powerful. Nantinya akan kita bahas lebih detail di poin selanjutnya.

Selain lewat Map, bisa saja pelanggan datang lewat sosial media seperti Linkedin, Facebook atau bisa saja pencarian Google. Nah silahkan mengeksiskan perusahaan Anda di tempat banyak calon customer Anda.

Setelah buyer persona selesai, langkah selanjutnya menentukan jalur digital marketing yang cocok. Kami sudah menyiapkan beberapa jurus digital marketing yang tepat. Untuk langkah ini kami menulisnya dengan cukup detail. Tidak perlu membaca urut. Anda bisa langsung melangkah ke poin yang ingin Anda baca.

Jangan lupa betulkan posisi duduknya agar rileks. Kira-kira butuh waktu 7 menit untuk menghabiskan seluruh isi artikel ini

Dari banyaknya jurus digital marketing yang ada, kami meringkas beberapa jurus yang bisa segera Anda lakukan. Beberapa yang tidak dicantumkan disini juga penting. Hanya saja tidak terlalu mendesak untuk segera dilakukan.

Ini dia beberapa jurus digital marketing untuk bisnis jasa versi kami:

  1. Membuat Google My Business agar lokasi bisnis Anda mudah diketahui pelanggan.
  2. Punya Website agar calon customer bisa memahami jasa yang Anda berikan.
  3. Memanfaatkan SEM (Iklan berbayar dari Google/Google Ads)
  4. Buat Konten Marketing yang SEO-able
  5. Eksis di Sosial Media yang tepat

Sepertinya banyak ya hehe. Tapi, untuk di awal Anda tidak perlu ada di semua channel pemasaran diatas. Bisa dicicil satu per satu tergantung persona customer Anda. Silahkan dilihat lagi buyer personanya.

1. Membuat Google My Business

Google My Business adalah sebuah alat yang disediakan oleh Google agar Anda bisa menampilkan profil bisnis secara instan di halaman Google. Jadi sewaktu orang mencari jasa Anda, ada berbagai informasi komplit yang terekam. Seperti ini bentuknya:

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Jika bisnis Anda belum terdaftar di Google My Business, silahkan daftar segera.

Walau gratis, alat ini sangat powerful dan bisa digunakan untuk:

  • Menset-up profil bisnis Anda. Seperto Jam buka – tutup, alamat, foto-foto toko dan masih banyak lagi.
  • Mencantumkan review dari pelanggan Anda untuk meningkatkan kepercayaan
  • Muncul di search google artinya bisnis Anda bisa mendapat promosi gratis

Selain itu, ada juga fitur analytics yang bisa membantu Anda mengambil keputusan dalam bisnis. Anda bisa mendapatkan data-data seperti:

  • Berapa banyak orang yang mengunjungi alamat Anda
  • Apakah mereka mengetahui bisnis Anda melalui Map, Website atau langsung mengontak nomor Anda.
  • Anda juga jadi tahu, darimana mereka menemukan bisnis Anda. Apa dari pencarian sejenis, dari produk yang tampil atau dari Map itu sendiri. Ini bisa membantu memilih jenis kampanye digital yang tepat jika ingin menggunakan tools Google advertising.

Website ibarat rumah bagi bisnis. Calon pelanggan jadi lebih percaya dengan mempelajari website Anda. Apalagi jika websitenya bagus secara tampilan, kontennya update dan kaya akan informasi yang berguna bagi calon customer.

Anda tidak perlu belajar pemrograman website untuk bisa membuat web sederhana. Cukup pelajari tools seperti wordpress, Anda sudah bisa membuat website jenis company profile.

Selain itu, website jadi rumah buat bisnis Anda karena hampir seluruh jalur (channel) marketing lainnya sangat berhubungan dengan website.

Website akan jadi penghubung berbagai channel marketing yang Anda gunakan. Jadi, jangan pernah anggap remeh sebuah website. Jangan asal memesan jasa pembuatan website. Pastikan pilih profesional.

Jika untuk kepentingan pemasaran sebaiknya pakai jasa agensi atau seorang profesional marketer.

Ingat, tujuan Anda punya website adalah untuk kepentingan digital marketing. Bukan untuk membuat data atau aplikasi bagi proses bisnis Anda.

Iklan berbayar tentu menjadi channel wajib yang bisa Anda gunakan, jika ingin segera dapat prospek. Percuma jika sudah punya Google My Business dan website tapi tidak di iklankan. Orang tidak akan tahu bisnis Anda.

Google Advertising sampai saat ini merupakan metode yang cukup cepat dan akurat untuk bisnis jenis jasa. Anda bisa segera dapat banyak prospek baru dengan cara ini (tentu dengan cara beriklan yang tepat). Karena pada umumnya, orang Indonesia masih mencari jasa yang dibutuhkan lewat Google.

Bukan lewat media sosial apalagi marketplace. Iya kan?

Contoh Kasus:

Jika mesin cuci rusak dimana Anda akan mencari jasa reparasi mesin cuci? Kemungkinan besar Anda akan mencarinya di Google. Dan Google pun akan menampilkan beberapa jasa reparasi mesin cuci yang bisa dikontak.

Jika melihat beberapa website diatas, ada website dengan atribut “ad”. Itulah jasa iklan berbayar Google.

Cara yang satu ini akan membuat website bisnis Anda auto ranking di halaman pertama saat pencarian. Tergantung biaya iklan yang dikeluarkan dan persaingan kata kunci yang disasar.

Konten marketing yang bagus bisa menjadi salah satu cara untuk mendatangkan prospek baru ke website Anda.

Jika kita melanjutkan studi kasus diatas (jasa reparasi mesin cuci), akan ada orang-orang yang tidak langsung mencari jasa Anda. Mereka mungkin saja ingin tahu kenapa mesin cucinya bisa rusak. Atau mau cari solusi manualnya sendiri.

Jika sudah tidak bisa teratasi barulah mencari jasa profesional.

Disinilah peran konten yang relevan dengan kebutuhan konsumen. Anda bisa mulai mendaftar, kira-kira apa saja materi konten yang berguna, dan dibutuhkan oleh konsumen Anda.

Sebelum membuat konten, Anda harus meriset kata kunci yang cocok dengan apa yang dicari (diketik) konsumen di pencarian Google.. Banyak sekali website penyedia kata kunci. Untuk saat ini kita coba dengan Ubersuggest.com.

Nah berdasarkan gambar diatas, Anda bisa membuat artikel tentang sebab-sebab mesin cuci mudah rusak. Buat artikel yang sedikit lebih unik dengan kompetitor dan menggunakan teknik SEO agar artikel Anda muncul saat orang mencarinya di Google.

SEO sendiri merupakan salah satu teknik marketing organik. Artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya seperti teknik SEM. Tapi, untuk bisa masuk ke halaman pertama butuh waktu yang relatif lama. Bisa 3 – 6 bulan tergantung persaingan dari kata kunci yang Anda sasar.

Tidak semua sosial media cocok dengan jenis bisnis tertentu. Pilih yang benar-benar cocok. Contohnya jika Anda seorang konsultan pajak profesional, maka Linkedin bisa jadi pilihan sosial media yang tepat. Jika Anda seorang desainer, mungkin dribbble.com jadi tempat yang pas untuk melampirkan portofolio Anda.

Selain cara diatas, sebenarnya youtube dan email marketing menjadi dua channel marketing yang bisa Anda gunakan juga. Hanya saja, untuk diawal Anda bisa mulai dengan kelima jurus diatas.

Setelah mengetahui semua jurus marketing diatas, langkah selanjutnya adalah memulai.

Anda tidak harus melakukan semua jurus secara bersamaan. Bisa dicicil satu per satu.

Jika masih bingung saran kami buatlah Website, Google My Business dan mulai memanfaatkan Jasa SEM. Iklan yang sudah dijalankan akan mendatangkan prospek baru bagi bisnis Anda agar bertumbuh.

Jika sudah cukup stabil, dan Anda sudah menguasai ketiga tools diatas barulah mulai membagi waktu untuk membuat konten baik di website, sosial media maupun channel youtube. Konten ini akan menjadi investasi jangka panjang bagi website Anda.

Butuh konsistensi dan kemampuan membuat konten yang baik agar konten Anda benar-benar relevan dengan konsumen. Jangan asal membuat konten karena kompetitor Anda juga membuat konten.

Terakhir, jangan pusing duluan dengan digital marketing. Anda tidak harus ahli. Cukup bisa saja. Atau bahkan tahu saja cukup.

Biarkan orang lain yang mengerjakan hal teknis digital marketing. Anda fokus ke core bisnis Anda.

Jika merasa terbantu dengan artikel ini Anda bisa share ke teman yang membutuhkan. Anda juga bisa bekerjasama jasa digital marketing dengan kami. Sistemnya bagi hasil penjualan. Atau, jasa profesional manapun tidak masalah.

Asal, Anda mulai action.

Jangan sampai bisnis Anda didahului kompetitor. Seperti kehadiran online shop yang menggeser peran beberapa gerai retail besar.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Written by : Frischa

5 Tools Desain Grafis Online, Buat Desain yang Pro dengan Mudah ! Part 1

Di zaman modern ini bidang desain grafis semakin banyak diminati masyarakat.

Hal ini tak lepas dari banyaknya pula peluang kerja yang ada di dalam bidang ini.

Masuknya kita ke dalam era digital membuat para pebisnis dan pengusaha mau tidak mau harus ikut berkembang di dalamnya.

Oleh karena itu, desain grafis menjadi salah satu cara untuk para pebisnis dan pengusaha menyampaikan produk dan jasa mereka kepada masyarakat.

Namun, tahukah Anda apa arti dari desain grafis itu sendiri?

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis atau rancang grafis merupakan proses komunikasi melalui elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi.

Tujuan dari desain grafis adalah untuk menciptakan persepsi pada suatu pesan yang akan disampaikan.

Dalam desain grafis terdapat komunikasi visual dan desain komunikasi.

Para pembuat desain grafis dapat mengkombinasikan simbol, gambar, dan teks untuk merepresentasikan gagasan dan pesan secara visual.

Teknik yang digunakan adalah menggunakan teknik tipografi, seni rupa, dan tata letak halaman agar dapat membuat komposisi visual.

Desain grafis sering dibuat untuk kegunaan umum seperti desain perusahaan (logo dan merek),

Desain editorial (majalah, surat kabar, dan buku), desain lingkungan, periklanan, desain web, desain komunikasi, dan kemasan produk.

Oleh karena itu, di zaman modern ini banyak pebisnis atau pengusaha menggunakan desain grafis sebagai langkah mereka untuk bisa tetap bersaing dalam dunia digital ini.

Ketidakseimbangan antara minat pebisnis untuk menggunakan jasa desain dengan sumber daya manusia yang tersedia membuat fee untuk jasa ini masih terbilang mahal.

Ini dikarenakan untuk membuat sebuah desain yang berkualitas kita harus mempelajari berbagai hal.

Salah satunya adalah macam-macam warna, arti-arti simbol, berbagai tools yang digunakan, serta makna-makna dalam komunikasi visual.

Oleh karena itu, kurangnya skill dan ilmu kerap menjadi kendala bagi banyak orang yang ingin membuat desain tanpa harus merogoh kocek yang banyak.

Namun, tahukah Anda jika saat ini kita dapat membuat desain dengan mudah tanpa harus ribet untuk mempelajari tools desain dan lain-lainya ?

Seiring berkembangnya zaman, mulai hadir tools-tools online desain yang dapat kita gunakan dengan mudah.

Luar biasa bukan?

Tools online desain ini memang dibuat dengan tampilan yang sederhana dan juga fitur-fitur yang simple.

Hal ini berguna untuk memudahkan para pengguna dalam membuat desain yang mereka inginkan.

Dengan menggunakan tools online desain ini, kita dapat membuat desain layaknya para desain grafis yang pro.

Untuk Anda yang ingin membuat desain menggunakan tools online ini tidak perlu repot-repot mencari.

Kami telah sediakan daftar website yang berperan sebagai tools online yang bisa Anda gunakan.

Seperti apa website tools online desain tersebut?

Mari kita ulas satu per satu !

1. Pixlr

Tools online desain pertama yang akan kita bahas adalah pixlr.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Pixlr adalah editor foto yang cukup handal, gratis dan bisa diakses dimanapun kita berada asalkan ada internet dan aplikasi browser.

Tools ini berbasis peramban web, jadi anda membutuhkan browser seperti firefox, chrome, internet explorer dan semacamnya.

Kami sarankan untuk Anda mengakses tools editor ini menggunakan pc/laptop.

Karena akan sedikit susah untuk mengoperasionalkan tools ini menggunakan peramban ponsel.

Ketika Anda membuka web tools ini, Anda akan disambut gambar yang telah tersedia di atas.

Jangan lupa untuk mengubah bahasa menjadi ‘bahasa indonesia’ dan klik masuk untuk mendaftarkan akun Anda.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Setelah berhasil masuk, Anda akan disuguhkan dengan dua pilihan fitur yang tersedia.

Kedua fitur ini adalah fitur terbaru yang disediakan oleh pixlr.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Setelah Anda mengklik fitur Pixlr E akan muncul gambar seperti di atas ini.

Anda dapat mengedit gambar yang Anda unggah dari galeri Anda melalui ‘open image’.

Atau Anda juga dapat mengedit gambar yang didapatkan dari internet melalui pilihan ‘load url’.

Berikut adalah tampilan ketika Anda berhasil mengunggah gambar.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Tampilan dari Pixlr E ini mirip seperti tampilan pada tools photoshop walaupun memiliki ukuran yang lebih ringan.

Untuk Anda pengguna photoshop atau ingin mencoba mendalami photoshop, Anda dapat mencoba tools ini sebagai permulaan.

Untuk fitur Pixlr yang kedua adalah Playful Pixlr X

Berikut tampilan dari fitur kedua ini.

Berbeda dari fitur yang pertama, fitur kedua ini jauh lebih simple baik dari sisi tampilan dan dari sisi fitur yang tersedia.

Jika fitur pertama lebih mirip dengan photoshop, maka fitur kedua ini lebih mirip dengan tools lightroom.

Fitur kedua ini bisa dipergunakan untuk Anda yang ingin fokus dalam mengedit warna atau filter yang ada di dalam foto.

Untuk Anda yang ingin mencoba memperdalam photoshop atau lightroom tapi terkendala size tools yang berat, tools online ini sangat direkomendasikan.

Tetapi dibalik kemiripanya dengan photoshop dan lightroom, tools ini memiliki kelemahan yaitu iklan yang terkadang mengganggu saat pengoprasian tools.

Jika Anda ingin menggunakan tools ini bebas tanpa Iklan, Anda dapat berlangganan dengan harga paket yang sudah tersedia di web.

Anda dapat melihatnya di bagian harga paket yang tertera di halaman awal.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

2. Crello

Crello adalah layanan editor foto online yang menyediakan alat desain grafis sederhana yang dibuat oleh Depositphotos.

Layanan gratis ini memungkinkan Anda untuk memilih berbagai macam template yang kemudian dapat disesuaikan dengan berbagai element.

Seperti, latar belakang baru, gaya teks, garis, batas, stiker, ikon, dan masih banyak lagi.

Ketika Anda membuka website crello, Anda akan disuguhkan dengan tampilan seperti ini.

Pastikan Anda mendaftar akun terlebih dahulu dengan memilih pilihan “sign up” barulah Anda siap untuk menikmati tools dalam crello ini.

Di dalam crello ini Anda bebas ingin mengedit apapun, mulai dari story, post, cover, thumbnail, poster, bahkan video.

Gambar diatas adalah contoh pilihan variasi yang tersedia di dalam crello.

Sebagai contoh, saya memilih post instagram untuk mengedit feeds menggunakan crello.

Di bagian kiri terdapat sembilan menu yang tersedia.

Kesembilan menu tersebut adalah:

  • Templates: templates ini berguna untuk memilih desain yang sudah jadi, sehingga Anda dapat dengan bebas mengubah isi desain sesuai selera Anda.
  • Photos: beruna untuk mengunggah foto dari kumpulan foto yang telah disediakan oleh crello.
  • Videos: selain foto, crello juga menyediakan stock video yang bisa digunakan oleh pengguna.
  • Music: menu ini berguna untuk Anda yang ingin memberikan sentuhan-sentuhan melodi pada postingan Anda.
  • Animation: Untuk Anda yang ingin membuat postingan dalam bentuk gif. Menu ini sangat cocok digunakan karena memuat berbagai animasi bergerak.
  • Object: Jika Animation berisi kumpulan gambar bergerak. Crello juga memiliki menu yang berisi object ikon yang berbentuk gambar
  • Background: berisi berbagai gambar yang bisa Anda jadikan background
  • Text: Untuk menambahkan tulisan pada desain Anda.
  • My Files: Ini berguna untuk mengunggah,dan menyimpan hasil unggahan gambar Anda dari galeri.

Tools Crello ini bisa dibilang sangat bervariatif mengingat berbagai fitur yang tersedia di dalamnya.

Akan tetapi, tools online ini masih perlu banyak perbaikan khususnya dalam waktu ketika meloading sesuatu.

Banyaknya fitur mungkin membuat tools ini bekerja sangat berat.

Sehingga, kita memerlukan waktu yang lebih lama untuk menampilkan pilihan yang kita pilih.

Selain itu, tidak semua gambar, object, music, background dapat digunakan.

Mengingat terdapat menu purchase atau pembayaran yang membatasi kita dalam menggunakan fitur-fitur di dalamnya.

3. Canva

Anda pasti tidak asing dengan tools yang satu ini.

Canva merupakan tools online yang cukup populer dikalangan masyarakat.

Masyarakat menyebutnya sebagai savior atau penyelamat.

Hal ini dikarenakan penggunaanya yang mudah, loading yang cepat, dan fitur yang tak kalah beragam.

Sehingga kita dapat membuat desain layaknya desain grafis pro dengan mudah.

Ketika membuka web Canva, Anda akan disambut seperti gambar diatas.

Jangan lupa masukan akun atau Anda bisa langsung mendaftarkan account Anda apabila ini kali pertama Anda menggunakan Canva.

Setelah berhasil masuk, Anda akan disuguhkan pemandangan yang tak jauh beda ngean tools sebelumnya (crello).

Canva menyediakan berbagai fitur dan template untuk membuat desain-desain seperti presentasi, poster, story, cover, dll.

Sebagai contoh saya memilih salah satu template yang ada di dalam Canva.

Di bagian kiri terdapat berbagai menu yang hampir mirip dengan tools yang kita bahas sebelumnya (crello).

Perbedaannya hanya pada menu musik yang tidak tersedia di dalam Canva.

Walaupun begitu, Canva tetap memungkinkan penggunanya untuk mengedit dalam format gif atau video.

Selain itu, Canva juga memiliki fitur yang baru-baru ini mereka perbarui.

Fitur itu antara lain berada di bagian Effect dan Filter.

Pilihan variasi filter dan effect yang semakin beragam sehingga kita semakin semangat untuk berkreasi ketika menggunakan tools ini.

Di balik berbagai kelebihannya, Lagi-lagi Canva membatasi penggunanya yang berstatus free.

Untuk Anda yang ingin menikmati segala fitur yang ada di dalam Canva, Anda dapat membayar langganan premium setiap bulannya sesuai harga yang telah ditentukan.

4. Befunky

Befunky adalah tools yang bisa diunduh secara gratis di Google Chrome Web Store atau langsung ke www.befunky.com.

BeFunky bisa dikatakan sebagai aplikasi yang menggabungkan Instagram dan Photoshop.

Ini adalah tampilan ketika Anda membuka web dari Befunky.

Setelah mengklik tombol “Get started” Anda akan disuguhkan dengan tiga pilihan.

Anda dapat memilih pilihan sesuai kebutuhan Anda.

Misalkan saya memilih “create a design” untuk permulaan.

Untuk Anda pengguna gratis, jangan lupa untuk memilih template yang tidak ada gambar bintangnya.

Template dengan gambar bintang di pojok kanan menandakan bahwa template itu hanya bisa digunakan oleh pelanggan premium saja.

Setelah itu, Anda dapat mendesain ulang dari template yang sudah Anda pilih.

Untuk Anda yang memilih photo editor, nantinya akan muncul tampilan seperti ini.

Menu ini lebih berfokus pada pengaturan warna dan komponen di dalam foto.

Seperti pesan diatas, beberapa fitur yang ada di dalam menu photo editor ini tidak bisa digunakan untuk free user.

Anda dapat melihat tanda bintang yang ada di samping nama fitur.

Tanda bintang itu adalah fitur yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna premium.

Dan yang terakhir, apabila Anda memilih menu Collage Maker, Anda akan dibawa menuju tampilan ini.

Penggunaan menu collage maker ini cukup mudah. Anda hanya perlu memasukan foto kedalam kanvas yang tersedia.

Anda juga dapat mengubah pola collage dan mengubah beberapa pengaturan terkait gambar yang di masukan ke dalam collage.

Dengan tiga menu utama ini, sebenarnya Befunky merupakan tools yang mudah digunakan.

Kelemahan dari tools ini adalah terbatasnya ruang bagi pengguna gratis dalam mengoperasionalkan tools.

Jika ingin lebih bebas, Anda diharuskan untuk berlangganan dengan harga yang sudah tertera di web Befunky.

5. Designwizard

Seperti namanya, designwizard ini memberikan sentuhan-sentuhan ajaib untuk para penggunanya agar dapat membuat desain dengan baik.

Jika Anda membuka web tools designwizard Anda akan dibawa menuju dunia magic seperti pada gambar di atas ini.

Sebelum memulai petualangan Anda di designwizard.

Anda disarankan untuk membuat akun terlebih dahulu apabila ini kali pertama menggunakan tools ini.

Setelah berhasil membuat akun, Anda akan dibawa menuju halaman berikutnya.

Disini Anda dapat memilih desain seperti apa yang akan Anda buat.

Seperti contoh saya memilih social media untuk desain yang akan dibuat.

Kita masih akan diberikan berbagai pilihan mengenai detail selanjutnya.

Setelah memilih detail ukuran, barulah Anda akan disuguhkan berbagai template yang keren dan kece.

Di dalam template tersebut juga terdapat keterangan “free” dan harga yang diajukan untuk memakai template tersebut.

Ini adalah tampilan ketika kita sudah memilih salah satu dari template yang disediakan oleh designwizard.

Setelah itu kita dapat mengubahnya sesuka hati.

Tools designwizard ini memang benar-benar memberikan sentuhan magic walaupun beberapa template ditemukan berbayar.

Dengan tampilan yang tidak terlalu rumit dan size tools yang ringan membuat designwizard ini tidak lemot saat dioperasikan.

Baiklah kita telah berada diujung artikel mengenai tools online desain part 1.

Setelah ini kami akan memberikan lanjutan dari artikel ini yang berisi tools-tools online dan penjelasanya.

Nantikan artikel selanjutnya dari lejitkanomset yang akan membantu Anda untuk mengerti informasi terbaru seputar digital marketing & design.

Semoga artikel yang kami berikan dapat memberikan banyak manfaat untuk Anda.

Terima kasih 🙂

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Written by : Said

Performance Planner : Sebuah Tools Dari Google Untuk Memprediksi Performa Campaign Anda Di Masa Depan

Apakah Anda baru beriklan dengan Google Ads, dan kebingungan dalam mengalokasikan biaya iklan Anda ke dalam campaign?

Bayangkan Anda ingin mengalokasikan biaya iklan Anda sebesar 10 juta. Biaya tersebut ingin Anda top up ke dalam sepuluh campaign berbeda.

Bagaimana cara Anda mengalokasikan biaya iklan Anda?

Google punya jawabannya.

Di dalam dashboard Google Ads ada sebuah fitur yang membantu para pengiklan untuk merencanakan budget iklan yang akan digunakan.

Nama fitur tersebut adalah Performance Planner.

Dengan Performance Planner Anda dapat mengetahui estimasi berapa banyak conversions yang Anda dapatkan dengan menghabiskan budget sekian juta. Anda juga akan tahu estimasi berapa harga yang harus Anda bayarkan untuk mendapatkan satu conversions.

Tools ini akan sangat membantu Anda agar memiliki ‘gambaran’ berapa banyak hasil yang akan Anda dapatkan.

Ini juga akan sangat membantu sebagian dari Anda sebagai seorang pengiklan. Anda bisa memberitahukan laporan Performance Planner ini kepada tim ataupun klien Anda.

Kegunaan Performance Planner

Berikut beberapa manfaat yang Anda dapatkan jika menggunakan Performance Planner

  1. Membuat plan (prediksi) untuk memprediksi performa campaign Anda di masa depan
  2. Sebagai alat untuk menilai performa iklan Anda secara bulanan
  3. Tools ini bisa memberikan Anda saran untuk mendapatkan performa campaign yang paling optimal
  4. Membantu Anda memahami jika ada bagian dari campaign yang Anda ubah maka proyeksi iklan Anda di grafik Performance Planner pun akan berubah.

Agar Campaign Bisa Menggunakan Performance Planner

Tidak semua campaign bisa menggunakan Performance Planner. Berikut beberapa syarat campaign yang bisa menggunakan fitur Performance Planner:

  1. Campaign sudah berjalan minimal 72 jam atau 3 hari
  2. Campaign Anda mendapatkan setidaknya 3 klik iklan dalam 72 hari terakhir
  3. Campaign minimal mendapatkan 1 conversions dalam 7 hari terakhir jika objective campaign adalah conversions
  4. Campaign Anda menggunakan objective manual CPC, enhance CPC, Target CPA, Max Click, atau Maximize Conversions

Performance Planner tidak bisa meramal performa campaign Anda jika:

  1. Campaign Anda sudah dihapus
  2. Campaign Anda menggunakan sharing budget
  3. Campaign mengalami perubahan signifikan dan baru berjalan kurang dari 7 hari tanggal Anda merubah campaign Anda (campaign mode : learning)
  4. Campaign Anda tidak menggunakan objective manual CPC, enhance CPC, Target CPA, Max Click, atau Maximize Conversions

Bagaimana Cara Performance Planner Menyajikan Data Prediksi Yang Tepat

Performance Planner menyajikan data kepada Anda dengan menganalisa miliaran search queries dari data Google. Dengan banyaknya data ini, Performance Planner dapat mensimulasikan proses bidding iklan (ad auction).

Banyak sekali variabel yang dianalisis dalam proses ad auction ini seperti apakah waktu/musim saat itu mempengaruhi iklan Anda. Biasanya ada beberapa waktu dalam setahun dimana banyak sekali orang yang menghabiskan biaya iklannya untuk mendapat target sekian sales.

Selain itu, aktivitas kompetitor juga mempengaruhi. Bid yang dilakukan kompetitor, kata kunci mereka, landing page mereka dan lainnya.

Dan juga, tentang campaign Anda, termasuk landing page Anda.

Dari proses diatas, Performance Planner akan memberikan gambaran tentang performa campaign Anda dan proyeksi campaign Anda di ‘masa depan’.

Cara Menggunakan Performance Planner

Berikut cara menggunakan Performance Planner

  • Masuk ke akun Google Ads Anda lalu klik menu “Performance Planner”
  • Klik icon “+” untuk membuat plan campaign Anda

  • Pilih salah satu campaign Anda, lalu klik “continue”
  • Lalu atur beberapa hal berikut untuk membuat plan campaign Anda

Keterangan

  • Forecast period : Periode kapan Anda ingin memprediksi performa campaign Anda
  • Select a metric : Pilih “Conversions”. Selain conversions Anda bisa memilih “Click”
  • Conversion rate will be similar to : Pilih “last 7 days” (umumnya). Data ini dijadikan acuan Performance Planner dalam membuat prediksi performa di masa depan. Jika Anda memilih opsi lain, contohnya saja “last 30 days”. Maka hasil dari ramalan Performance Planner pun bisa berbeda
  • Target (optional) : Ini menjelaskan berapa target yang ingin Anda capai. Misal Anda mentarget dapat 50 conversions per bulan maka Performance Planner akan membuat skema berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan conversions tersebut.

Anda bisa mengubah keterangan diatas walaupun jika draft plan sudah dibuat.

Berikut gambar hasil draft plan Performance Planner

Ada apa saja di dalam draft plan Performance Planner ini

Grafik Performance Planner

Grafik ini menunjukkan performa campaign Anda di masa depan.

Titik abu-abu (yang diberi kotak merah) merupakan performa campaign Anda saat ini.

Titik biru (yang diberi kotak merah) merupakan performa campaign Anda yang masih direncanakan. Anda bisa menggeser titik ini untuk mendapatkan gambaran performa iklan Anda jika Anda mengeluarkan biaya iklan sekian.

Jika Anda menggeser titik biru maka tulisan angka ( di dalam kotak hijau) akan berubah sesuai dengan titik biru tersebut.

Tabel ini menjelaskan lebih lanjut tentang grafik sebelumnya. Berikut beberapa kolom di tabel ini yang harus diperhatikan

  • Existing : Angka di kolom ini menunjukkan performa campaign Anda saat ini
  • Planned : Angka di kolom ini menunjukkan performa campaign Anda jika Anda mengikuti

rencananya yang sudah Anda buat di grafik diatas (Ingat titik biru sebelumnya)

  • Diff : Perbedaan antara existing dan planned

Tab Compared Performance

Seperti yang dikatakan di awal tulisan ini.

Performance Planner bisa membantu Anda menjelaskan rencana campaign Anda kepada tim atau klien.

Bagan seperti ini akan memudahkan orang lain yang tidak terlalu mengerti campaign Anda, agar mereka lebih mudah memiliki gambaran tentang rencana campaign Anda.

Keterangan Chart

  • Warna Kuning : Performa campaign Anda sebelumnya. Anda bisa menyesuaikannya

dengan mengubah jangka waktu di tulisan past performance (di dalam

kotak orange).

  • Warna Abu-Abu : Performa campaign Anda saat ini
  • Warna Biru : Performa campaign Anda di masa yang akan datang jika Anda

mengikuti angka dari Performance Planner.

Performance Planner merupakan salah satu tools Google Ads yang bisa membantu Anda merencanakan budget campaign Anda. Walaupun tools ini bisa memprediksi dengan tepat, namun angka yang ada bukanlah jaminan untuk campaign Anda.

Anda harus tetap mengoptimasi dan secara reguler melihat Performance Planner. Karena saat Anda melakukan perubahan di campaign Anda, prediksi yang dilakukan Performance Planner juga akan ikut berubah.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Written by : Alin

9 Cara Tepat Dalam Menggiring 4 Macam Leads Berkualitas Untuk Bisnis Anda

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan
Source

Untuk sukses di dunia bisnis Anda tidak hanya saja harus pandai berjualan, namun mesti cerdas dalam menghasilkan leads.

Leads merupakan orang-orang yang tertarik pada produk atau layanan bisnis.

Pentingnya Leads

Lead generation atau leads adalah bagian yang amat penting dalam digital marketing.

  • Leads dipakai agar untuk memudahkan Anda menghubungi calon pelanggan potensial;
  • Leads dapat memudahkan Anda dalam mempraktekkan strategi inbound dan outbound marketing;
  • Leads memungkinkan Anda mengirimkan konten bermanfaat untuk setiap calon pelanggan;
  • Leads memudahkan Anda memetakan demografi calon pelanggan sesuai kebutuhannya;
  • Leads memungkinkan Anda melakukan promosi dan konversi kepada pelanggan yang paling potensial.

Berikut adalah empat macam leads yang perlu Anda ketahui.

Marketing Qualified Lead (MQL) adalah orang-orang yang sudah pernah berinteraksi dengan materi promosi yang dibuat.

Misalnya, mereka sudah pernah mengisi kontak di landing page ataupun mengunduh brosur.

Walaupun sudah familiar dengan produk atau layanan Anda, MQL masih belum siap melakukan pembelian produk atau layanan.

Karenanya, MQL justru jadi lead paling potensial untuk di prospek menjadi konsumen.

Sales Qualified Lead (SQL) adalah orang-orang yang tertarik membeli produk atau layanan.

Tak hanya sekedar bertanya, SQL biasanya memang sudah siap membayar sejumlah uang alias menjadi pelanggan.

SQL umumnya dapat dikenali karena pertanyaan mereka seputar detail info atau spesifikasi produk.

Product Qualified Lead (PQL) adalah orang-orang yang telah merasakan program “coba gratis” atau versi basic dari sebuah produk.

Mereka kemudian tertarik untuk berlangganan produk atau melakukan upgrade produk ke versi premium.

Service Qualified Lead ini hampir sama dengan PQL.

Service Qualified Lead adalah orang-orang yang telah merasakan versi gratis atau fitur terbatas dari sebuah layanan.

Sehingga mereka tertarik untuk membayar lebih agar mendapat fitur premium yang diinginkan.

Setelah tahu apa saja macam-macam lead, semoga Anda bisa menentukan strategi digital marketing yang sesuai.

Leads juga amat berguna untuk memetakan (calon) pelanggan.

Berbekal data sederhana seperti umur, jenis kelamin, dan preferensi tertentu, Anda bisa tahu siapa pelanggan potensial dan apa yang mereka mau.

Nantinya, Anda bisa mendesain produk atau jasa yang menjawab kebutuhan.

Plus, mendesain strategi marketing yang lebih tepat sasaran.

Bagaimana Mendapatkan Leads Berkualitas?

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Salah satu skill sets yang dapat membantu Anda secara signifikan dalam berjualan dan menghasilkan leads berkualitas adalah dengan membuat iklan/Ads.

Google Ads menjadi salah satu “pengiring leads” terbaik yang dapat digunakan.

Sebelum Anda berjualan dan beriklan menggunakan Google Ads, Anda tentu harus mengetahui strategi di balik Google Ads.

Selanjutnya kita akan membahas strategi dan tips jitu beriklan dengan Google Ads yang dapat Anda gunakan sebagai langkah awal.

Penasaran dengan strateginya? Baca selengkapnya di sini.

1. Gunakan Penargetan berdasarkan Lokasi, Demografi, Audiens

Mengapa Google Ads dapat menjadi “pengiring terbaik untuk menghasilkan leads”?

Jawabannya karena Google Ads menyediakan opsi penargetan iklan yang sangat detail.

Setelah Anda menentukan tujuan iklan, Anda dapat menggunakan berbagai macam opsi penargetan seperti location, demography, interest dan behavior.

Opsi penargetan ini berfungsi agar iklan Anda ditampilkan pada pemirsa yang paling potensial untuk menjadi konsumen atau klien Anda.

Disini kita akan menjadikan bisnis properti sebagai contohnya.

Bagaimana menjual properti dengan Google Ads opsi penargetan apa yang terbaik untuk dimanfaatkan?

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam melakukan pengaturan Google Ads adalah dengan mengatur lokasi mana iklan Anda akan ditampilkan.

Namun, Anda harus hati-hati dalam menentukan lokasi, karena pengguna yang Anda target dapat saja berpindah tempat sewaktu-waktu.

Oleh karena itu, jangan menargetkan lokasi yang terlalu spesifik seperti menargetkan pengguna yang berada pada radius 10 KM.

Oleh karena itu target lah dengan berdasarkan lokasi administratif seperti Kota dan Provinsi.

Anda dapat membuat kampanye terpisah untuk setiap lokasi yang ditargetkan sehingga ketika Anda membuat kata kunci dan membuat salinan iklan dalam kampanye, kata kunci dan salinan iklan akan berfokus secara khusus pada lokasi itu.

Orang lebih cenderung mengklik iklan jika iklan tersebut menyebutkan lokasi tinggal atau yang mereka minati.

Selain penargetan berdasarkan lokasi, tentunya Anda tidak ingin menampilkan iklan pada pengguna usia sekolah karena mereka tidak akan membeli properti.

Anda ingin menampilkan iklan pada pengguna usia orang yang baru menikah karena mereka memiliki kemungkinan besar untuk membeli properti.

Oleh karena itu targetkan iklan Anda pada pengguna dengan usia 25 tahun ke atas. Dengan menggunakan opsi penargetan ini, iklan Anda akan jauh lebih efektif.

Sebagai seorang agen properti, tentu Anda memiliki daftar klien yang telah bekerjasama dengan Anda untuk membeli properti.

Nah, dengan menggunakan fitur Custom Audience Anda dapat mengunggah informasi klien tersebut ke Google.

Hal ini akan membuat Google dapat menemukan pengguna dengan karakteristik yang sama dengan klien tersebut.

Dengan menggunakan opsi penargetan ini, Anda akan menghemat waktu seefisien mungkin, karena iklan Anda akan ditampilkan kepada mereka yang potensial membeli properti.

Tetapi untuk bisa menggunakan custom audience di Indonesia, akun Google Ads harus berumur lebih dari 90 hari dan sudah spend budget 50k dollar.

2. Perhatikan Jadwal Penayangan Iklan

ada Google Ads beberapa iklan yang memiliki kinerja yang baik dari hari Senin hingga hari Jumat, namun kinerjanya menurun pada hari Sabtu dan Minggu.

Di Google Ads juga beberapa iklan yang memiliki kinerja yang baik di siang hari namun turun di malam hari.

Waktu penayangan memiliki peranan yang cukup penting di Google Ads untuk bisnis properti.

Oleh karena itu, ketika Anda mulai menayangkan iklan Google Ads maka Anda juga harus aktif memantau performa dan kinerja Google Ads hingga Anda mengetahui waktu dimana iklan memiliki performa dan kinerja yang paling optimal.

Anda dapat menyesuaikan penayangan iklan berdasarkan kinerja metrik di Google Ads, dan menghemat dana yang harus Anda keluarkan namun memaksimalkan leads yang didapatkan.

Dengan begitu, maka Anda akan lebih efektif dalam membuat iklan Google Ads untuk properti.

3. Perhatikan Perangkat Penayangan Iklan

Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan.

Mungkin beberapa jenis iklan memiliki kinerja yang baik jika ditayangkan pada perangkat mobile phone, namun iklan properti faktanya kurang optimal ditayangkan pada pengguna mobile phone.

Iklan yang menjual produk dengan rentang harga 5 Juta hingga 500 ribu mungkin masih efektif ditayangkan pada pengguna mobile phone karena harga sekian masih masuk ke dalam pembeli impulsif.

Namun, berbeda dengan rumah dan properti yang merupakan keputusan finansial besar sehingga iklan jenis ini biasanya lebih efektif bagi pembeli yang serius.

Bayangkan, Anda akan membuat sebuah keputusan yang besar tentu Anda tidak akan secara impulsif memutuskan membeli begitu melihat iklan.

Anda tentu akan mencari informasi yang lebih dalam mengenai manfaat dan kerugiannya. Kegiatan menggali informasi ini biasanya membutuhkan peralatan seperti desktop atau laptop.

Untuk itu, sangat penting untuk memperhatikan perangkat yang digunakan untuk menayangkan iklan Anda.

4. Rajin Mencari Referensi Google Ads Dari Kompetitor atau Rekan

Internet adalah sebuah platform informasi yang masif.

Untuk dapat melihat berbagai referensi iklan Google Ads, ada banyak tools yang dapat Anda gunakan untuk melacak Google Ads dengan kinerja terbaik.

Tools ini dinamakan competition research tools.

Tools seperti SpyFU, SEMRush, dan tools lainnya dapat Anda gunakan secara gratis.

5.Gunakan Long-Tail Keyword dan Negative Keyword

Long-tail keyword adalah 3-4 suku kata kunci yang sangat spesifik untuk apapun yang Anda iklankan.

Menurut Casie Gillette, Direktur Pemasaran Online KoMarketing: “50% permintaan pencarian terdiri dari empat kata atau lebih.”

Saat pengguna mengetik kueri penelusuran dengan kata panjang, mereka mencari sesuatu yang spesifik, yang akan memicu atau tidak memicu iklan Anda berdasarkan relevansinya.

Pencarian ini cenderung lebih menghasilkan penjualan daripada pencarian umum.

Semakin spesifik kata kunci, maka semakin sedikit pula kompetisi yang Anda miliki untuk kata kunci tersebut.

Ini juga berarti CPC akan lebih rendah dan peluang untuk mendapatkan peringkat tinggi pada hasil pencarian.

Namun berhati-hatilah dengan seberapa spesifik kata kunci.

Jika terlalu spesifik, kemungkinan akan menerima sangat sedikit tayangan (tampilan).

Kata kunci Anda harus selalu menyertakan lokasi listingan sehingga pengguna yang mencari properti di tempat tertentu akan melihat iklan Anda karena kueri penelusuran pengguna kemungkinan besar berisi lokasi properti yang diinginkan.

Sertakan juga jenis properti dan tema listing karena ini adalah sesuatu yang juga akan dicari pengguna.

Kata kunci negatif adalah jenis kata kunci yang mencegah iklan Anda dipicu oleh istilah atau frasa penelusuran tertentu yang tidak relevan dengan bisnis dan layanan Anda.

Membuat daftar kata kunci negatif sangat penting untuk memaksimalkan Laba Atas Investasi (ROI) kampanye Google Ads.

Sebagai contoh salah satu kata kunci Anda, “agen properti Bandung” memicu iklan Anda, tetapi istilah penelusuran yang diketik pengguna adalah “cara menjadi agen properti di Bandung”.

Pengguna mungkin mengklik iklan Anda karena mengira itulah yang mereka cari (jika iklan Anda tidak secara jelas menentukan apa yang Anda lakukan dan tawarkan).

Anda pastinya tidak ingin mengumpulkan tayangan (tampilan) dan klik untuk penelusuran yang tidak akan menghasilkan penjualan.

Tambahkan frasa “bagaimana menjadi” pada daftar kata kunci negatif Anda untuk mencegah klik seperti itu di masa mendatang.

Periksa “Istilah Penelusuran Google Ads” sesering mungkin untuk melihat apakah ada istilah penelusuran yang tidak relevan yang perlu ditambahkan ke daftar.

Semakin banyak kata kunci negatif yang Anda temukan dan tambahkan ke daftar, semakin banyak ruang yang Anda miliki untuk menerima klik yang relevan dari calon prospek.

6. Gunakan Copywriting yang deskriptif sekaligus memikat

Copywriting merupakan faktor yang menentukan keputusan klien.

Apalagi jika Anda merupakan seorang penjual properti, pembelian properti adalah keputusan finansial yang besar dari klien Anda.

Oleh karena itu, mengkomunikasikan pesan mengapa klien Anda harus menjatuhkan pilihan pada properti yang sedang Anda jual merupakan faktor yang sangat penting.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan klien.

Buatlah Copywriting yang jujur, deskriptif, dan sekaligus memikat.

Bagaimana cara membuat copywriting yang demikian? Pantau terus di web ini. Kami akan bahas tips trik copywriting yang bisa anda gunakan.

7. Menyediakan Lead Magnet Data Prospek

Pengunjung yang datang mungkin saja tidak dapat melakukan transaksi pada saat itu dengan berbagai alasan.

Untuk itu, kita perlu membuat mereka memberikan data kontak agar dapat di-follow up.

Entah berupa email, nomor handphone, atau data lainnya.

Dengan demikian, upaya meningkatkan leads dapat dimanfaatkan secara optimal.

Agar pengunjung bersedia memberikan data, kita perlu memberikan sesuatu sebagai imbalannya.

Sesuatu itu bisa berupa tips-tips dalam bentuk ebook atau video, voucher belanja, atau lainnya.

Dengan demikian, leads yang datang tersebut dengan senang hati akan mendaftar menjadi prospek.

8. Mengalokasikan Budget

Alokasikan budget Anda berdasarkan perangkat apa yang menurut Anda paling banyak digunakan oleh audiens dan lokasi mana yang paling ingin difokuskan.

Sesuaikan budget setelah Anda mendapatkan cukup data untuk mengetahui di mana seharusnya fokus Anda.

Misalnya, mungkin melihat bahwa Anda mendapatkan lebih banyak klik pada iklan dari pengguna desktop daripada pengguna seluler.

Anda harus mendistribusikan lebih banyak anggaran untuk kampanye desktop.

9. Tambahlah Budget Iklan pada Waktu yang Tepat

Sebagai seorang pebisnis, tentu Anda sudah tahu “jadwal” waktu dimana orang-orang paling banyak mencari produk atau jasa anda.

Saat waktu tersebut lah, Anda harus berinvestasi dengan menambah budget iklan agar iklan Anda ditampilkan kepada pemirsa yang lebih luas dan intensif.

Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan kesempatan.

Jadi Anda harus mengatur jadwal dan budget iklan secara bijaksana.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips dan strategi yang dapat Anda gunakan untuk mulai beriklan dengan Google Ads.

Banyak strategi lainnya yang dapat Anda gunakan, namun dengan strategi di atas, Anda telah memulai dengan baik memanfaatkan Google Ads untuk mengiklankan bisnis Anda.

Selamat menggiring Leads Berkualitas!

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Written by : Alfan

FAQ SKAG: Frequently Asked Question SKAG

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan
Source

Kita lanjut pembahasan Single Keyword Ad Group skuy…

1. Berarti akan ada banyak ad groups dong?

betul sekali… bahkan sampai ratusan ad groups. karena setiap keyword dibuat menjadi satu ad group.

ketika kita ingin mendapatkan banyak konversi dan mentarget banyak keywords, maka harus membuat banyak ad groups.

2. Berarti akan ada banyak LP juga?

betul sekali. LP juga harus kita buat sesuai dengan keywords yg kita sasar. karena kita ingin quality score benar-benar tinggi…

sayang sekali misal kita sudah buat puluhan bahkan ratusan ad group, namun LPnya hanya satu saja… hasilnya pasti sebagian besar QS rendah.

Jadi gak cuma ad group saja yang banyak, LP juga banyak.

3. Keyword match yang digunakan untuk SKAG?

ada tiga keyword match =

– Broad Modifier -> +keyworda +keywordb misal: +jasa +digital +marketing

– Phrase Match -> “keyworda keywordb” misal: “jasa digital marketing”

– Exact Match -> [keyworda keywordb] misal: [jasa digital marketing]

bisa di riset maksud 3 keyword match ini lebih lanjut yaaa… terlalu panjang bila dibahas disini…

4. Kok ribet yaaaa?

Betul. cuman worth it… CTR bagus, QS bagus, CPC rendah, conversion tinggi… Omset melejit!

Mauuu???

5. Gimana cara membuat SKAG yang cepat Pak?

sebetulnya nggak cepat banget. cuma lumayan dibandingkan cara sebelumnya… ada beberapa tips:

a. Diawal jangan langsung menggunakan SKAG.

test semua keywords dulu. cara testnya bikin ad group yang sesuai G Ads (satu ad group berisi keyword keyword yg super mirip)

nanti keyword yg ada conversionnya baru kemudian dibuat SKAG.

jadi gak langsung bikin SKAG dari awal. kita fokus membuat SKAG tuk keyword yang menghasilkan conversion saja. jadi lebih ringkas.

teknik ini adalah dasar metode keyword tapering juga… next kapan kapan kita bahas keyword tapering.

b. Satu LP tuk beberapa keyword yang mirip.

supaya menghemat waktu, buat satu LP untuk beberapa keywords yang mirip.

patokannya adalah = jika keywords dan niat dibalik keywords tersebut sama, maka gabungkan menjadi satu ad group dan satu LP.

hemat pembuatan iklan, extension dan LP… QS gak akan terlalu turun banyak. karena keyword dan niat dibalik keyword relatif mirip.

maksudnya niat adalah, sama sama buying keyword.

c. Gunakan software Google Ad Editor (GAE) dan Excel

untuk mempercepat edit dan pembuatan SKAG, sebaiknya menggunakan Excel dan GAE.

Kita buat ad group dan settingan lainnya di excel dulu, kemudian import ke GAE…

ini akan mempercepat pembuatan ad group, daripada membuat manual satu demi satu di browser..

Di GAE juga cepat misal ingin edit edit…

###

> Masih tetep ribet caranya Pak… ?

Kalau gitu, serahkan sama ahlinya saja…

Anda fokus membesarkan bisnis saja.

Biarkan kami yang urus semuanya dan mendatangkan calon buyer berkualitas!

mau campaign google ads kamu di manage oleh ahlinya?

skuyyy kesini >>lejitkanomset

###

#withlove #majuteruspantangmundur #ahaddigital

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Written by : Alfan

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan
Source

intinya kita membuat ad group yang super presisi pada satu keyword yang kita yakini dapat menghasilkan conversion.

kenapa cuma satu keyword saja? karena dengan menggunakan satu keyword saja dalam ad group akan membuat >>

a. CTR meningkat, QS meningkat, dan score akun juga meningkat, karena iklan kita betul betul sesuai dengan keyword pencarian. kita menampilkan iklan yang sangat relevan dengan keyword pencarian…

b. maka rank iklan kita akan naik, cost per click akan turun, cost per conversion juga akan turun. jika biaya iklan menurun maka sales akan meningkat! omset akan melejit!

c. simple karena cuma satu keyword. kita jadi lebih menguasai apa yang di inginkan oleh visitor. kita bisa membuat iklan dan LP yang sesuai dengan yang di inginkan visitor. simple untuk scale up. simple untuk menggunakan jurus jurus marketing lain. simple untuk mengclosingkannya. karena kita sudah tahu maksud dari visitor datang ke website kita. ?????? ?? ????????!

simple juga, karena status ini isinya cuma 3 point saja… wkwkwkwk

intinya SKAG works… stay tune untuk pembahasan SKAG lainnya… beberapa hari kedepan saya akan coba bahas tentang SKAG… bagaimana membuat SKAG, tips trik SKAG, dll

###

tentunya dalam jurus membuat campaign gak cuma SKAG saja… ada banyak jurus untuk banyak kasus…

ada teknik shotgun, keyword tapering, keyword standar, dll…

Saya sendiri lebih suka Google Ads karena lebih predictable ketimbang FB Ads…

stay tune terusss.. tinggalkan jejak tuk dapet update bila saya posting status baru…

###

mau campaign google ads kamu di manage oleh ahlinya?

skuyyy kesini >> lejitkanomset

###
#withlove #majuteruspantangmundur #ahaddigital

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Written by : Said

Metric – Metric Penting Google Ads Yang Wajid Diketahui Pengiklan

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Setelah iklan Google Ads dijalankan, tugas selanjutnya adalah memantau performa iklan. Dalam Google Ads, banyak sekali tabel-tabel angka yang harus dipahami dan dioptimasi agar iklan mendapatkan performa terbaik.

Dari banyaknya metric yang ada, kami merangkum beberapa metric Google Ads yang bisa dijadikan acuan dalam menilai performa iklan Google Ads Anda. Tidak hanya itu, kami juga memberikan tips sederhana yang bisa segera diimplementasikan ke dalam iklan Google Ads Anda.

Sebelum lanjut membaca, ini adalah daftar metric yang akan kita bahas. Kami sengaja menuliskannya secara urut agar Anda mudah memahami dan menerapkannya.

Daftar Penting Metric – metric Google Ads

  1. Impression
  2. Click dan CTR
  3. Cost, Conversion dan Cost/Conversion
  4. Auction Insight
  5. Quality Score

1. Impression

Impression merupakan metric Google Ads pertama yang harus dilihat dalam kampanye iklan Anda. Impression adalah jumlah iklan yang ditampilkan di layar visitor. Contohnya, iklan Anda muncul 300 kali di gadget netizen. Google akan menghitung ini sebanyak 300 impression.

Anda tidak bisa menilai bagus tidaknya metric lain jika metric impression iklan Anda 0 atau terlalu sedikit.

Jika impression iklan kecil, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

Cek apakah kata kunci yang Anda sasar memiliki banyak pencarian atau tidak. Bisa jadi kata kunci yang disasar memiliki jumlah pencarian yang rendah. Sehingga iklan tidak mendapatkan impression yang cukup.

Salah satu tools untuk mencari tahu jumlah pencarian keyword adalah Keyword Planner. Tools ini bisa ditemukan di dashboard Google Ads Anda. Kami merekomendasikan tools ini karena membaca data di Keyword Planner cukup mudah. Selain itu, umumnya tuan rumah yang paling tahu rahasia dapurnya. Jadi, untuk tahu data dari Google, pakai saja Keyword Planner ini.

Naikkan bidding iklan Anda sekitar 30% dari bidding saat ini. Lalu kemudian lihat hasilnya satu dua hari setelahnya. Jika tetap tidak ada impression tambah lagi biddingnya sampai iklan Anda mendapatkan impression yang cukup.

Biaya harian juga bisa mempengaruhi impression iklan Anda. Jika biaya yang terserap terlalu sedikit coba tambah biaya harian Anda. Pengalaman kami, dengan menaikkan biaya harian iklan, impression iklan ikut membesar.

Selalu riset kata kunci baru baru dan ad grup baru secara berkala. Dengan menambahkan kata kunci baru dan ad grup baru maka iklan Anda akan mendapatkan tambahan impression. Tentunya, dengan kata kunci dan ad grup yang masih relevan dengan bisnis Anda.

Cukup dengan melakukan ketiga hal diatas metric impression iklan Anda bertambah.

2. Click dan CTR

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Metric selanjutnya adalah Click dan CTR. Click dan CTR adalah metric yang digunakan untuk mengukur efektivitas iklan. Click adalah seberapa banyak klik iklan yang dilakukan visitor. Sedangkan CTR adalah perbandingan antara banyaknya Click dengan Impression.

Misalnya, iklan Anda ditampilkan Google sebanyak 1000 kali. Lalu ada 100 klik di iklan Anda. Berarti CTR iklan tersebut adalah 10%. Didapat dari 100/1000 = 10%

Biasanya marketer punya standar berbeda tentang angka CTR yang bagus. Jenis industri dan jenis campaign bisa mempengaruhi besar kecilnya CTR.

Impression Banyak Click Sedikit

Jika impression iklan Anda banyak tapi mendapatkan sedikit click berarti ada dua kemungkinan. Pertama, materi iklan Anda kurang menarik bagi target market. Kedua, Anda menyasar jenis kata kunci yang kurang tepat.

Bisa jadi Anda menyasar non buying keyword sedangkan tujuan Anda beriklan ialah ingin mendapatkan penjualan. Jelas ini kurang tepat!

Buying Keyword dan Non Buying Keyword

Buying Keyword ialah kata kunci yang dimasukkan oleh visitor ke Google dengan intensi (keinginan) ingin memesan barang atau jasa tersebut.

Sedangkan non keyword buying adalah kata kunci yang dicari market dengan intensi hanya ingin mencari informasi tentang produk tersebut. Bisa jadi informasi itu dibutuhkan untuk kepentingan lain selain membeli barang tersebut.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan
Contoh Non Buying Keyword
Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan
Contoh Buying Keyword

Diatas adalah contoh perbedaan buying keyword dan non buying keyword. Bisa dibayangkan ya perbedaannya. Orang-orang yang mengetikkan “sepatu futsal…” belum tentu ingin beli sepatu futsal.

Kemungkinan besar ia hanya mencari info tentang sepatu futsal saja. Bisa jadi hanya ingin tahu modelnya, jenisnya, atau bisa juga melihat-lihat harganya. Hanya saja belum ada keinginan untuk membeli produk tersebut.

Sedangkan yang menuliskan “harga sepatu futsal specs” kemungkinan besar sudah ada niatan ingin membeli sepatu futsal specs. Bisa jadi ia sedang membandingkan model, harga, atau penjual yang paling cocok dengannya.

Apakah Saya Tidak Bisa Menyasar Non Buying Keyword?

Boleh saja jika budget marketing Anda tak terbatas bak sultan. Semua keyword yang berhubungan dengan produk Anda disasar hehe. Niscaya iklan Anda akan berseliweran dimana-mana.

Huh, asik kan ya…?

Tapi, tahukah Anda, selain menghabiskan biaya yang sangat besar, menyasar non buying keyword akan membuat iklan tidak efektif. Biaya iklan Anda akan terkuras habis di kata kunci yang belum tentu bisa mendatangkan konversi bagi bisnis Anda.

So, Sebaiknya Fokus di Buying Keyword Saja.

Tapi, bagaimana jika buying keyword untuk bisnis saya sedikit?

Apakah produk saya tidak bisa di iklankan di Google Ads?

Untuk itu, harus dites dulu. Ada teknik tersendiri untuk beriklan yang menyasar non buying keyword.

Tips Menulis Materi Iklan

  • Buatlah angle iklan yang bervariasi.

Anda bisa melihat iklan kompetitor jika kesulitan mencari ide iklan. Lalu, buat dengan versi sendiri. Kita tidak tahu di iklan yang mana calon pelanggan mengontak Anda.

Contohnya, Anda memiliki produk jasa katering. Lalu Anda membuat beberapa angle iklan seperti:

  • Paket Minimalis
  • Paket Kantoran
  • Paket Sultan
  • Pilihan Fasilitas A
  • Pilihan Fasilitas B

Mungkin awalnya Anda mengira paket minimalis yang akan banyak dicari orang. Karena selain harganya murah, gaya hidup dan harga barang cenderung murah di wilayah Anda. Tapi, setelah di iklankan ternyata banyak yang mengklik iklan di paket sultan.

Nah ini pentingnya punya banyak angle iklan. Karena kita tidak tahu, visitor akan mengklik iklan kita di angle yang mana.

  • Pakai jurus hardselling yang jelas saat beriklan.

Karena orang-orang yang mengetik buying keyword sudah paham dengan problemnya dan sedang mencari solusi. Jangan bertele-tele dan terlalu umum dalam menuliskan iklan. Sebaliknya, buatlah sangat spesifik.

  • Jangan lupa cantumkan fitur unggulan produk Anda.

Jangan hanya cantumkan manfaat produk saja. Karena sangat mungkin target market Anda melihat benefit yang sama dari iklan kompetitor.

Contohnya semua penjual kursi kantor menawarkan kenyamanan busa di kursinya. Kata mereka, busa kursinya bisa bikin betah kerja berjam-jam.

Anda bisa menulis penawaran yang sama. Tapi tambahkan fitur unggulan. Dalam kasus ini, Anda bisa memberitahu market jika busa kursi Anda adalah busa import dari eropa. Punya kualitas terbaik dan banyak dipakai oleh merek furniture terkenal.

Nah, dengan begini, iklan Anda punya nilai tambah. Walau sama-sama memberikan manfaat yang sama, tapi Anda menambahkan fitur produk ke dalam iklan Anda.

3. Auction Insight

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan
Metric Auction Insight salah satu klien Ahad Digital

Metric selanjutnya yang tidak kalah penting adalah metric auction insight. Metric ini tempatnya berbeda dari metric lain. Anda bisa menemukannya di tab kiri dashboard Google Ads Anda lalu di sub bagian Keywords.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan

Ini adalah metric yang mengukur posisi iklan Anda dibandingkan dengan kompetitor Anda. Jika iklan mendapat sedikit impression dan Click bisa jadi skor Auction Insight iklan kurang bagus.

Artinya bisa saja Anda ngiklan tapi target market tidak melihat iklan Anda. Posisi iklan Anda bukan di halaman pertama pencarian Google.

Bagaimana cara memperbagus Auction Insight?

Perbaiki Quality Score dan naikkan Bidding iklan.

Tentang cara optimasi Quality Score akan dibahas di poin selanjutnya.

4. Quality Score (QS)

Quality Score jadi metric penting yang mempengaruhi banyak metric lain. Jika Quality Score bagus, pada umumnya, metric Impression, Click & CTR, dan Auction Insight ikut bagus.

Quality Score sendiri merupakan parameter yang diberikan Google untuk menilai seberapa relevan iklan Anda dengan pencarian yang dilakukan target market Anda. Tidak hanya iklan, tapi konten landing page juga.

Artinya, apa yang dicari market ada di iklan dan Landing Page Anda.

Ciri-ciri page yang ditampilkan jika menggunakan jasa google adwords adalah terdapat tulisan
Quality Score Campaign salah satu klien kami

Keterangan Kolom

Quality Score : Jumlah keseluruhan dari ketiga kolom disampingnya

Landing Page Exp : Seberapa relevan web Anda dengan apa yang dicari market

Ad Relevance : Apakah iklan Anda sesuai dengan apa yang dicari market

Exp CTR : Prediksi CTR yang diberikan Google

Anda bisa lihat ada tiga panel metric. Sederhananya, untuk mendapat skor QS yang bagus Anda harus mendapatkan minimal skor 8/10. Lebih bagus lagi jika bisa 10/10.

Untuk dapat nilai tersebut, Anda harus membuat iklan dan website yang relevan dengan apa yang dicari market. Semakin relevan, semakin bagus Quality Score Anda.

5. Cost, Conversion dan Cost/Conversion

Ketiga metric ini merupakan metric yang paling penting diantara semua metric. Dari metric ini Anda akan mengetahui apakah biaya iklan yang dikeluarkan menghasilkan profit bagi bisnis Anda.

Salah satu alasan kenapa iklan tidak maksimal adalah karena biaya iklan habis tergerus oleh kata kunci yang tidak menghasilkan conversion. Oleh karenanya penting sekali untuk memonitor setiap hari perkembangan iklan Anda.

Bagaimana Caranya Agar Membuat Iklan Efektif?

  • Pertama, selalu lakukan optimasi agar iklan dan website Anda relevan dengan apa yang dicari market
  • Selalu tambahkan negatif keyword untuk search queries yang tidak relevan bagi kata kunci yang Anda sasar.
  • Dan juga, tambahkan search queries yang relevan ke dalam keyword yang Anda sasar. Contohnya jika Anda menjual sepatu futsal specs, sedangkan Anda menemukan di search queries ada visitor yang mencari “model sepatu futsal specs merah”. Nah, Anda bisa memasukkan kata kunci ini di campaign ini.

Kita kesampingkan dulu soal metric cost. Saatnya masuk ke metric conversion. Ada banyak sekali hal yang menyebabkan mengapa suatu iklan tidak bisa menghasilkan conversion.

Yang dimaksud conversion disini adalah jumlah calon pelanggan yang tertarik. Mereka tertarik dengan produk Anda dan ingin mengontak Anda. Namun, bisa saja mereka tidak jadi membeli.

Ada berbagai aspek yang membuat seorang calon pelanggan tidak jadi membeli. Tapi sebelum kita berbicara lebih lebih lanjut, sebaiknya fokus dulu ke metric conversion. Sebuah metric yang menghitung seberapa banyak calon pelanggan yang bisa Anda datangkan.

Dalam metric ini ada beberapa masalah sering ditemui. Jika Anda sudah pernah beriklan, harusnya Anda sudah familiar dengan beberapa permasalahan dibawah ini:

  • Metric lain sudah bagus, namun tidak ada conversion

Jika performa iklan bagus namun sepi conversion, periksa kembali penawaran yang diberikan. Apakah yang Anda tawarkan betul-betul penting dan unik bagi market?

  • Conversion di Google Ads banyak namun tidak ada yang mengontak Anda

Jika conversion di dashboard Google Ads banyak namun kenyataannya tidak ada satupun yang mengontak Anda, bisa jadi code conversion yang dipasang salah.

  • Conversion banyak tapi tidak ada yang beli produk Anda

Jika conversion banyak namun tidak ada satupun yang menjadi customer Anda berarti funnel iklan, konten website, atau mungkin kemampuan CS yang perlu diperbaiki. Juga artinya Anda mendatangkan calon pelanggan dengan kualitas jelek.

Jika Anda baru pertama kali beriklan, tiga hal di atas biasanya akan Anda temui di tengah jalan saat Anda beriklan nanti. Buat teman-teman yang masih kesulitan mendatangkan calon pelanggan ke dalam bisnisnya, kontak Ahad Digital saja. Kita kerjasama bagi hasil, daripada Anda terlalu banyak trial and error menghabiskan banyak biaya iklan.

Setelah tahu cara mendatangkan calon pelanggan, saatnya Anda membuat mereka menjadi pelanggan loyal Anda. Biasanya, faktor penentunya bukan hanya dari iklan Anda. Bahkan banyak faktor dari luar iklan. Beberapa hal yang bisa jadi penentu untuk jadi tidaknya seseorang menjadi pelanggan Anda:

Produk yang bagus dan Penawaran yang tidak bisa ditolak.

Funnel marketing yang tepat. Bagaimana menyaring calon pelanggan potensial untuk jadi customer Anda.

Iklan yang relevan. Penawaran di Iklan Anda sesuai dengan apa offer Anda. Jangan overpromise.

Kemampuan Customer Service yang handal.

Kecepatan web, konten copywriting yang tepat, desain yang meyakinkan

Beberapa faktor diatas yang menentukan kemampuan bisnis Anda dalam menghasilkan pembeli loyal. Oleh karenanya, iklan saja tidak cukup. Anda harus memperhatikan setiap faktor diatas. Karena jika salah satu saja terganggu, maka bisa dipastikan konversi bisnis Anda akan terganggu.

Anda sudah berada di ujung artikel dan sudah memahami metric google ads dalam beriklan. Artikel ini jauh dari sempurna. Sebagian besar artikel ini berisi tips yang belum disertai tutorial yang komplit.

Jika Anda merasa kesulitan dalam memahami artikel ini dan ingin mengetahui tutorial lengkap dari artikel ini silahkan kontak kami di dan lihat konten artikel lainya di lejitkanomset